Minggu, 04 Desember 2011

Proposal Pembentukan Remas


By.Fatori Pamekasan
PROPOSAL
PENGAJUAN PEMBENTUKAN”

REMAJA ISLAM MASJID (RISMA)
BAITAL MAKMUR



Dusun Konang Barat-Desa Konang
Kecamatan Galis-Kabupaten Pamekasan




KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin proposal pengajuan pembentukan Remaja Islam Masjid ini dapat diselesaikan. Pengajuan pembentukan Remaja Islam Masjid (RISMA) ini sebagai respon atas banyaknya minat sebagian masyarakat khususnya remaja yang menginginkan adanya perkumpulan remaja antar masjid di Desa Konang.
Oleh karena itu perlunya sebuah wadah yang berbasis keorganisasian (organisation center) remaja Islam masjid disekitar wilayah desa sekaligus untuk merealisasikan keinginan bersatunya para remaja dalam sebuah wadah yang mendidik dan mempererat ikatan ukhuwah antar remaja muslim di Desa kita.
Diharapkan dengan adanya RISMA ini terpupuklah  rasa solidaritas yang positif dan kesadaran remaja sebagai generasi muslim yang berkepribadian Islam. Sebagai t auladan untuk generasi selanjutnya dan penerus para orangtuanya juga sebagai cermin kepribadian suatu Desa.
Oleh karena itu hal ini bukan lagi menjadi sebuah keinginan namun lebih dari itu sebagai kebutuhan jika tidak mau tertinggal. Kebutuhan tersebut dapat terwujud dengan baik ketika ada sebuah organisasi yang berbasis Remaja Islam Masjid (RISMA).
Pembentukan RISMA ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan berkembang mengingat banyaknya Sumber Daya Masyarakat (SDM) di Desa Konang. Pembentukan RISMA akan sulit direalisasikan tanpa adanya dukungan dari semua pihak khususnya aparatur setempat baik RW maupun RT dan para tokoh alim ulama Kiyai ustadz serta tokoh masyarakat sesepuh termasuk kepemudaan di Desa Konang. Untuk itu kami mengajak kepada semua pihak agar turut berpartisipasi mendukung Pembentukan RISMA tersebut.
Harapan kami Proposal ini agar dikaji secara cermat oleh semua pihak yang terkait untuk bisa dibuat penilaian yang tepat. Selanjutnya tentu saja, harapan kita semua, proposal Pengajuan pembentukan RISMA tersebut dapat terealisasi. Insya Allah.


Pamekasan, Januari 2012



1.    PENDAHULUAN

1.             LATAR BELAKANG
Kecerdasan dan ketakwaan ini adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan lagi dalam kehidupan sekarang.
Mahalnya biaya pendidikan dan kurangnya pengajaran ilmu agama secara formal membutuhkan alternatif lain dalam mendapatkan pengajaran serta pengarahan yang dibutuhkan khususnya ilmu agama. Selain itu juga dengan banyaknya Sumber Daya Masyarakat (SDM) di Desa kita memperbesar peluang bagi munculnya generasi-generasi yang memiliki wawasan serta ilmu agama yang lebih luas.
Oleh karenanya pembentukan Remaja Islam Masjid (RISMA) menjadi begitu penting. Bukan hanya bagi masyarakat Desa Konang saja namun juga bagi masyarakat lainnya. Dari sinilah proposal dibuat.

2.        MAKSUD DAN TUJUAN
Organisasi Remaja Islam Masjid bertujuan untuk menghidupkan kegiatan-kegiatan keIslaman dimasjid-masjid kampung Konang Barat. Tujuan ini berarti mengajak masyarakat khususnya remaja-remaja secara bersama-sama aktif dalam organisasi RISMA ini dimana seluruh kegiatannya akan di pusatkan di satu masjid yang sudah ditetapkan.
Di samping itu organisasi RISMA juga akan mencoba mengarahkan dengan arahan yang benar menurut syara melalui pembinaan yang Istiqomah (rutin) bagi para anggotanya.

2.      GAMBARAN UMUM

1.        APA ITU ORGANISASI RISMA
Remaja Islam masjid (RISMA) adalah sebuah organisasi yang aktif di bidang sosial khususnya keagamaan aqidah Islam sebagai dasar pemikirannya sekaligus simpul ikatannya masjid sebagai sarana kegiatannya.

2.        FUNGSI ORGANISASI RISMA
Selain aktif dimasjid-masjid RISMA juga aktif di luar masjid yaitu dilingkungan masyarakat sekitar sebagai peranannya dalam membangun ukhuwah Islamiyyah. Peduli terhadap sesama (lingkungan) saudaranya adalah bagian dari fungsinya sebagai individu-individu muslim yang cerdas dan bertakwa. Insya Allah.

3.      ASPEK KEGIATAN

1.        BENTUK KEGIATAN
Sebagaimana  telah  kita ketahui, bahwa Remaja Islam Masjid adalah organisasi yang menghimpun remaja muslim yang aktif   datang dan  beribadah shalat berjama’ah di  Masjid.    Karena keterikatannya  dengan Masjid, maka peran utamanya tidak lain adalah memakmurkan  Masjid. Ini berarti, kegiatan yang berorientasi pada Masjid selalu  menjadi  program utama.  Di  dalam melaksanakan  perannya, Remaja Islam Masjid meletakkan  prioritas  pada  kegiatan-kegiatan  peningkatan keislaman,  keilmuan dan keterampilan anggotanya.
Aktivitas Remaja Masjid yang baik adalah yang dilakukan  secara terencana,  kontinyu  dan  bijaksana;  disamping  itu  juga memerlukan strategi, metode, taktik dan teknik yang  tepat. Untuk  sampai pada aktivitas yang baik tersebut, pada  masa sekarang diperlukan pemahaman organisasi  dan  management yang baik pula. Adapun jenis-jenis aktivitas Remaja Masjid adalah:
1.    Berpartisipasi dalam memakmurkan Masjid.
2.    Melakukan pembinaan remaja muslim.
3.    Menyelenggarakan proses kaderisasi umat.
4.    Memberi dukungan pada penyelenggaraan aktivitas Ta’mir Masjid.
5.    Melaksanakan aktivitas da’wah dan sosial.

  1. KEANGGOTAAN
RISMA menerima keanggotaan bagi siapa saja yang ingin bergabung bersamanya baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum baik laki-laki maupun perempuan.

4.      PENUTUP

1.        KESIMPULAN
Sungguh Allah SWT telah memberikan jalan yang terbaik bagi hamba-Nya dalam menjalani kehidupan ini menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan kita sebagai hamba yang bertakwa harus senantiasa terikat dengan apa yang telah Allah SWT wahyukan. Untuk itu mudah-mudahan rencana pembentukan RISMA yang akan berjalan dalam bentuk organisasi keIslaman dapat berjalan sesuai dengan Islam dan dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat Desa Cilubang Sabit umunya bagi kejayaan Islam dan kaum muslimin.

2.        HARAPAN
Semoga Allah SWT meridhoi rencana ini, membukakan jalan yang baik dan melindungi segala aktivitas kita dari godaan syetan yang terkutuk. Amin

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. (QS 3:110, Ali ‘Imran)
ratingTextUndefined

3 komentar:

  1. assalamu'alaikum, salam sejahtera mas, saya izin mengcopas beberapa poin dari blog mas untuk keperluan pembentukan remaja mesjid di kampung saya, Terimakasih

    BalasHapus
  2. saya juga mas maksih banyak semoga beermanfaaf

    BalasHapus